Total Tayangan Halaman

Senin, 25 November 2013

PERANG DUNIA 2



PERANG DUNIA 2

8 Penyebab Perang Dunia 2
Bagikan:
http://2.bp.blogspot.com/-1aBNWoI1Qh8/TosoghZgcCI/AAAAAAAAANQ/tSqscVJ7H50/s1600/world-war-ii-q5.jpg 

Perang Dunia II, secara resmi mulai berkecamuk pada tanggal 1 September 1939 sampai tanggal 14 Agustus 1945. Meskipun demikian ada yang berpendapat bahwa perang sebenarnya sudah dimulai lebih awal, yaitu pada tanggal 1 Maret 1937 ketika Jepang menduduki Manchuria. Sampai saat ini, perang ini adalah perang yang paling dahsyat pernah terjadi di muka bumi. Kurang lebih 50.000.000 (lima puluh juta) orang tewas dalam konflik ini.

Umumnya dapat dikatakan bahwa peperangan dimulai pada saat pendudukan Jerman di Polandia pada tanggal 1 September 1939, dan berakhir pada tanggal 14 atau 15 Agustus 1945 pada saat Jepang menyerah kepada tentara Amerika Serikat.

Berikut 8 penyebab perang dunia 2:

Sebab Umum Terjadinya Perang Dunia II

1. Kegagalan Liga Bangsa-Bangsa dalam melaksanakan tugasnya

2. Terjadinya pertentangan paham baru, seperti : paham komunis dipimpin Rusia, paham fasis dipimpin Jerman dan Italia, dan paham Demokrasi dipimpin Inggris, Perancis, dan Amerika Serikat

3. Terjadinya persekutuan kembali(aliansi), seperti: Blok Demokrasi dipelopori oleh Perancis, Blok Fasis dipelopori oleh Jerman, dan Blok Komunis dipelopori oleh Rusia.

4. Munculnya negara Ultranasionalisme(rasa cinta tanah air yang berlebihan) yang setelah kuat mereka melaksanakan imprealisme dengan segala macam dalih, seperti: Jerman dengan dalih Lebensaraum, Italia dengan dalih pembentukan Italia La Prima,dan Jepang dalam rangka melaksanakan Hakko Ichiu (pembentukan keluarga besar dibawah pimpinan negara Jepang).

5. Revanche Idea (politik balas dendam) dari negara-negara yang kalah dalam Perang Dunia I. Dendam utama Jerman untuk membalas dendam atas kekalahan dalam Perang Dunia I terutama kepada Inggris dan Perancis sebagai musuh utamanya.

Sebab Khusus Terjadinya Perang Dunia II

6. Bagi Eropa : terjadinya perebutan kota Danzig antara Jerman dengan Polandia sebagai akibat perjanjian Versailes. Akhirnya pada tanggal 1 September 1939 Jerman menyerang Polandia dan meluas hingga ke seluruh Eropa.

7. Bagi Asia : Penyerbuan Jepang ke wilayah China pada tanggal 7 Juli 1937 setelah terjadinya insiden “Jembatan Marcopolo”.

8. Bagi Amerika : serbuan Jepang atas pangkalan Perang Angkatan Laut Amerika di Perl Harbour(Honolulu, Hawaii) pada tanggal 8 Desember 1941 dini hari


Latar Belakang Terjadinya Perang Dunia II
Perang dunia ke-dua berlangsung selama tahun 1936-1945 dan merupakan perangterbesar sejarah kehidupan manusia yang mengakibatkan kehancuran dan menelankorban jutaan jiwa. Peristiwa perang dunia II terjadi karena adanya kecenderungan atausuatu paham fasisme yang berkembang di Eropa keadaan politik internasional menjelangPerang Dunia II menyerupai keadaan tahun 1906-1914 sebelum Perang Dunia I. Adayang menyatakan bahwa Perang Dunia II merupakan lanjutan Perang Dunia I. PerangDunia I merupakan balas dendam Perancis terhadap Jerman karena dipermalukan dalamkekalahannya ketika kalah perang tahun 1870-1871. Selain itu dalam masalah industri,Jerman juga bersaing dengan Inggris. Dengan persaingan-persaingan itu makaterbentuklah persekutuan militer (aliansi). Ada dua persekutuan, yakni triple alliantieyang kemudian dikenal dengan “Blok Sentral” yang terdiri atas Jerman, Austria, danItalia. Sedangkan Triple Entente yang kemudian disebut “Blok Sekutu” yang terdiri atasPerancis, Inggris, Rusia dan lain-lain.Pada tanggal 1 agustus 1914 Jerman mengumumkan perang kepada Rusia dandisusul Perancis mengumumkan perang kepada Jerman tanggal 3 agustus 1914.Kemudian tanggal 4 agustus Inggris berkecamuklah perang yang hampir melibatkanseluruh dunia dikenal dengan Perang Dunia II. Perang ini berakhir dengan kekalahanJerman yang menyerah pada tanggal 11 November 1918 sebagai pihak yang kalah,Jerman harus membayar ganti rugi kepada sekutu dengan dikuatkan dalam perjanjianversailles pada tahun 1919.
Pihak-Pihak Yang Berperang Dalam Perang Dunia II.
Jalannya Perang Dunia II terbagi tiga. Adapun pihak-pihak yang berperangdibeberapa medan peperangan dalam Perang Dunia II1. Medan EropaPada tanggal 1 september 1939 Jerman menyerang Polandia pada tanggal 9 april1940 Jerman melakukan serangan ke utara yakni ke Denmark dan Norwegia. Keduanegara ini dapat diduduki Jerman. Pada bulan Mei 1940 Belanda dapat diduduki Jermansehingga Ratu Wilhelmina mengungsi ke Inggris. Tentara Perancis dibawah pimpinanCharles de Gaule mengungsi ke Inggris.2. Medan AfrikaInggris dapat memukul mundur tentara Italia di Afrika Utara. Serangan sekututerhadap blok sentral pada tanggal 23 oktober 1942 di Afrika Utara dipusatkan di ElAlamien, Mesir. Tentara Jerman di bawah jenderal Erwin Rommel menyerbu Afrika danmenghantam Inggris sampai di muka Alexandria. Serangan Jerman ke Afrika Utara dapatditahan oleh Inggris dibawah pimpinan Montgomery dan Amerika Serikat dibawahEisenhawer pada tanggal 12 november 1942.3. Medan Asia Pasifik Perang di medan asia pasifik diawali dengan penyerbuan pangkalan armadaangkatan laut Amerika Serikat di Pearl Harbour, Hawai pada tanggal 7 Desember 1941oleh Jepang. Perang Dunia II medan asia pasifik sering disebut perang asia timur raya,


Sejarah Terjadinya Perang Dunia II

http://2.bp.blogspot.com/_24RnFGIEt3Q/TFnfY7-HSWI/AAAAAAAAAg4/q8vwtSAB5cg/s200/Occurance+Of+The+WW+II+03.jpg

Menjelang peringatan hari kemerdekaan negara kita di bulan Agustus ini, saya tertarik untuk mengajak Anda mengingat kembali sejarah terjadinya Perang Dunia ke II. Karena betapa perang telah begitu merusak dan memporak-porandakan segala sendi kehidupan umat manusia.


Sejarah telah mencatat, bahwa pada tahun 1939-1945 telah terjadi Perang Dunia II. Dua fraksi yang bertikai dalam peperangan ini adalah kekuatan Fraksi Fasis (Jerman, Italia dan Jepang), dengan Fraksi Anti-Fasis yang bersekutu (Inggris Raya, Prancis, dan Amerika Serikat). Sedangkan Uni Soviet dan negara-negara lainnya yang tidak termasuk kedalam dua fraksi ini lebih bersifat moderat dan netral.

Perang Dunia II ini adalah perang berskala terbesar dan berdampak paling fatal dalam kehidupan umat manusia. Inilah hasil dari agresi tiga negara Imperialis ; Jerman, Italia dan Jepang.


Penyebab Terjadinya Perang

Mendirikan kekuasaan politik fasisme dan agresi militer untuk memperluas tiga bangsa imperialis Jerman, Jepang dan Italia adalah akar penyebab dari Perang Dunia II.

Pada tahun 1930an, negara-negara fasis tersebut memulai perang dalam skala kecil dengan negara-negara tetangga. Namun, serangan brutal Jerman ke beberapa negara yang berpengaruh di Eropa [Inggris, Prancis, Belanda] dan ekspansi besar-besaran Jepang ke lautan Pasifik menjadi penyulut dari Perang Dunia II ini ke arah perang global. Selama musim semi dan musim panas tahun 1939, ketegangan meningkat di antara negara-negara Eropa. Perang Dunia meletus akhirnya setelah perjuangan diplomatik rumit dari invasi Jerman di Eropa dan invasi Jepang di Asia.

Serangan angkatan bersenjata Jepang atas Pearl Harbor memprovokasi Perang Pasifik dan perang terjadi sepanjang Asia Tenggara dan Oceania. Serangan itu membuat Amerika Serikat dan negara-negara sekutu terlibat dalam perang global yang belum pernah terjadi sebelumnya.


Sebab - Sebab Umum Meletusnya Perang Dunia II

Apa yang menyebabkan berkecamuknya Perang Dunia II? Secara umum perang itu disebabkan oleh beberapa kondisi antara lain :


Di bidang politik: Liga Bangsa-Bangsa gagal mewujudkan tujuan, yaitu terciptanya perdamaian dunia. Kondisi ini memancing ketegangan-ketegangan baru yang menggiring negara-negara untuk membuat aliansi hingga tercipta tiga blok, yaitu Blok Prancis (demokrasi), Blok Jerman (fasis), dan Blok Rusia (komunis). Bahkan Liga Bangsa-Bangsa dalam kenyataannya merupakan alat negara-negara besar dan kegiatannya lebih banyak dalam bidang politik.
Di bidang ekonomi: perlombaan persenjataan itu merangsang kebutuhan-kebutuhan ekonomi yang memenuhi kebutuhan bahan bakunya. Lahirlah imperialisme Jerman menginginkan Eropa Tengah, Italia ke Laut Tengah dan Etiopia, serta Jepang mengumumkan "Kemakmuran Bersama di Asia Timur Raya". Ini akan bersinggungan dengan imperialisme Inggris, Prancis, dan USA.
Di bidang ideologi pemikiran dan demokrasi: fasisme dengan pemujaan negara nasional dan komunisme dengan paham internasional, tidak mungkin bisa berjalan bersama, satu sama lain pasti saling menghancurkan. Sementara itu, nasionalisme yang sempit dengan didukung kekuatan militer memunculkan sikap mendewadewakan bangsanya. Hitler dengan kebesaran Aria, Mussolini dengan kejayaan Julius Caesar zaman Romawi Kuno, dan Jepang yang menganggap sebagai keturunan Amaterasu Omikami.
Jerman yang kalah dalam Perang Dunia I dan merasa sangat dihinakan dalam Perjanjian Versailles ingin membalas (revanche) kekalahan terhadap musuh-musuhnya, terutama Perancis.
Italia ingin mendirikan Risorgimento yang berartinya Italia Raya.
Jepang ingin melaksanakan politik ekspansi atau perluasan wilayah.
Timbulnya pertentangan ideologi Fasisme, Naziisme dan Militerisme yang anti demokrasi dengan paham-paham lainnya.
Perkembangan industri, persenjataan, dan krisis ekonomi dunia (terjadi pada tahun 1929)

Sebab Khusus Meletusnya Perang Dunia II
Meletusnya Perang Dunia II dilatar belakangi oleh sebab-sebab khusus, sebab - sebab khusus meletusnya perang dunia II diantaranya adalah sebagai berikut:

Menurut Perundingan Versailles, Rusia Timur (wilayah Jerman) dilepaskan dari Jerman dengan membuat koridor Polandia (jalan keluar ke laut) di tengah-tengahnya. Di tengah koridor ini terletak Kota Danzig yang dijadikan kota merdeka oleh LBB. Kota yang penduduknya bangsa Jerman ini dituntut oleh Hitler, tetapi ditolak oleh Polandia. Bahkan, Polandia menggelar perundingan dengan Inggris, Prancis, Rumania, dan Yunani untuk menjamin kemerdekaan masing-masing. Peristiwa itu disambut Jerman dengan membuat perjanjian bersama Rusia tanggal 23 Agustus 1939 yang berisi, Rusia tidak akan menyerang Jerman dan Jerman tidak akan menyerang Rusia. Akhirnya, pada tanggal 1 September 1939 Jerman menyerbu Polandia dan meletuslah Perang Dunia II. Dua hari kemudian Inggris dan Prancis mengumumkan perang melawan Jerman.
Di Eropa, pada tanggal 1 September 1939 Jerman menyerang Polandia, sebuah negara di bawah pengawasan Liga Bangsa-Bangsa. Sebaliknya pada tanggal 3 September 1939 negara-negara pendukung LBB, terutama Inggris dan Perancis menyerang Jerman.
Di Pasifik, pada tanggal 8 September 1941 Jepang menyerang pangkalan Angkatan Laut Amerika Serikat di Pearl Harbour, Teluk Mutiara (Hawaii).

LATAR BELAKARANG PERANG DUNIA 2

Keadaan politik internasional menjelang Perang Dunia II menyerupai keadaan tahun 1900-1914 sebelum Perang Dunia I. Ada yang menyatakan bahwa Perang Dunia II merupakan lanjutan Perang Dunia I. Perang Dunia I merupakan balasm dendam Perancis terhadap Jerman karena dipermalukan dalam kekalahannya ketika kalah perang tahun 1870-1871. Selain itu dalam masalah industri, Jerman juga bersaing dengan Inggris. Dengan persaingan-persaingan itu maka terbentuklah persekutuan militer (aliansi). Ada dua persekutuan, yakni  Triple Alliantie  yang kemudian dikenal dengan “Blok Sentral” yang terdiri atas Jerman, Austria dan Italia. Sedangkan Triple Entente yang kemudian disebut “Blok Sekutu” yang terdiri atas Perancis, Inggris, Rusia dan lain-lain. Pada tanggal 1 Agustus 1914 Jerman mengumumkan perang kepada Rusia dan disusul Perancis mengumumkan perang kepada Jerman tanggal 3 Agustus 1914. Kemudian tanggal 4 Agustus Inggris mengumumkan perang kepada Jerman. Selanjutnya berkecamuklah perang yang hampir melibatkan seluruh dunia dikenal dengan Perang Dunia I. Perang ini berakhir dengan kekalahan Jerman yang menyerah pada tanggal 11 November 1918. Sebagai pihak yang kalah, Jerman harus membayar ganti rugi kepada Sekutu dengan dikuatkan dalam  Perjanjian Versailles pada tahun 1919. Kekalahan Jerman dengan telak ini memberi kesempatan kepada Adolf Hitler  membangkitkan bangsanya untuk melakukan balas dendam kepada Perancis. Adolf Hitler mengembangkan fasisme dan kemudian memulai Perang Dunia II dengan menyerbu Polandia pada tanggal di kota Danzig pada tanggal 1 September 1939. Peristiwa itulah yang menjadi sebab langsung terjadinya Perang Dunia II.
1. Sebab-Sebab Umum Terjadinya Perang Dunia II
Penyebab umum terjadinya Perang Dunia II sebagai berikut :
a. Kegagalan Liga Bangsa-Bangsa (LBB) dalam menciptakan perdamaian dunia. LBB bukan lagi alat untuk mencapai tujuan, tetapi menjadi alat politik negara- negara besar untuk mencari keuntungan. LBB tidak dapat berbuat apa-apa ketika negara-negara besar berbuat semaunya, misalnya pada tahun 1935 Italia melakukan serangan terhadap Ethiopia.
b. Negara - negara maju saling berlomba memperkuat militer dan persenjataannya. Dengan kegagalan LBB tersebut, dunia Barat terutama Jerman dan Italia mencurigai komunisme Rusia, tetapi kemudian Rusia mencurigai fasisme Italia dan nasional-sosialis Jerman. Oleh karena saling mencurigai akhirnya negara- negara tersebut memperkuat militer dan pesenjataannya.
c. Adanya politik aliansi (mencari kawan persekutuan).
Kekhawatiran akan adanya perang besar, maka negara-negara  mencari kawan dan muncullah dua blok besar yakni:
1. Blok Fasis  terdiri atas Jerman, Italia, dan Jepang
2. Blok Sekutu terdiri atas:
a) Blok demokrasi yaitu Perancis, Inggris, Amerika Serikat, dan Belanda.
b) Blok komunis yaitu Rusia,Polandia, Hongaria, Bulgaria, Yugoslavia,Rumania, dan Cekoslovakia.
d. Adanya pertentangan-pertentangan akibat ekspansi. Jerman mengumumkan “Lebensraum”nya (Jerman Raya) yang meliputi Eropa Tengah dan Italia menginginkan  Italia Irredenta  (Italia Raya) yang meliputi seluruh laut Tengah dan Abbesinea, serta Jepang mengumumkan Kemakmuran Bersama di Asia Timur Raya.   Ini berarti merupakan tantangan terhadap imperialisme Inggris, Perancis, dan Amerika Serikat.
e. Adanya pertentangan faham demokrasi, fasisme dan komunisme.
f. Adanya politik balas dendam (“Revanche Idea”)   Jerman terhadap Perancis, karena Jerman merasa dihina dengan Perjanjian Versailles.
2. Sebab Khusus Terjadinya Perang Dunia II
Di Eropa, sebab khusus terjadinya Perang Dunia II adalah serbuan Jerman ke Kota Danzig, Polandia pada tanggal 1 September 1939. Polandia merupakan negara di bawah pengawasan Liga Bangsa-Bangsa. Hitler menuntut Danzig karena penduduknya adalah bangsa Jerman, tetapi Polandia menolak tuntutan itu. Pada tanggal 3 September 1939 negara-negara pendukung LBB terutama Inggris dan Perancis mengumumkan perang kepada Jerman, kemudian diikuti sekutu-sekutunya. Perang Dunia di Pasifik disebabkan oleh serbuan Jepang terhadap Pangkalan Armada Angkatan Laut Amerika di Pearl Harbour, Hawai (7 Desember 1941).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar